Kamis, 30 November 2017

Perancangan Game AI



Perancangan 
Salah satu komponen yang kini diterapkan pada Game adalah kecerdasan
buatan (Artificial Intelligence atau AI). Game dengan AI mengacu pada teknik
yang digunakan dalam permainan komputer dan video untuk menghasilkan ilusi
intelijen dalam perilaku non-player character (NPC). Penelitian tentang AI
(Artificial Intelligence) pada NPC (Non-Player Character) dalam Game hingga
saat ini masih terus di kembangkan. Artificial Intelligence tersebut dikembangkan
untuk merancang perilaku Non-Player Character

Shooter
Genre FPS atau First Person Shooter adalah jenis game yang
mengutamakan kecepatan gerakan kita dalam permainan. Dalam jenis ini akan
lebih banyak baku tembak serta kita harus bertahan hidup selama mungkin hingga
permainan berakhir. Disebut First Person Shooter karena pandangan dalam game
jenis ini adalah pandangan orang pertama (first person) dan disini hanya
menggerakkan/memainkan satu orang player


Driving
Racing atau Driving Simulation Game Game dengan genre racing atau driving mensimulasikan pemain dalam mengendarai suatu kendaraan yang dapat berupa mobil, Motor, dan jenis kendaraan lainnya. Genre ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu arcade style dan racing simulation. Arcade style lebih menekankan pada aksi balapan antar kendaraan, sedangkan racing simulation lebih menekankan pada simulasi yang lebih dalam dan nyata. Contoh racing game dengan arcade style adalah Burnout dan Mario Kart, sedangkan contoh racing game dengan racing simulation antara lain Gran Turismo.


Real Time Strategy
Real Time Strategy adalah salah satu jenis game yang masih mendominasi sampai saat ini di Personal Computer. Game jenis ini memungkinkan pemain untuk memerintahkan sekelompok dari karakter kedalam suatu konflik atau memulai untuk
membangun suatu peradaban. Game jenis ini menuntut pemain untuk megembangkan strategy yang mendalam dalam rangka memenangkan kompetisi di bidang ekonomi atau militer terhadap komputer atau pemain lain. Game semacam Age of Empire II,Command and Conquer Tiberian Sun adalah beberapa game yang mengedepankan strategi dan memperkenalkan sebuah kompetisi dalam bentuk real time strategy.
Real Time Strategy Games menuntut pemain untuk berpikir dan merencanakan strategy secara tepat dan cepat untuk mengarahkan dan mengatur unit mendapatkan kemenangan sesuai dengan rule yang sudah ditentukan diawal. Real Time disini memiliki arti bahwa ada aliran yang terus terjadi didalam game, sehingga menuntut pemain untuk berpikir cepat dalam menanggapi situasi yang timbul. Yang menjadi ciri khas dalam game jenis ini adalah bagaimana pemain mengumpulkan sumber daya, membangun tentara dan mengendalikan unit untuk menyerang musuh. Perhatian pemain akan dibagi menjadi 2 yaitu pada aspek ekonomi dan tempur. Game ini termasuk dalam game yang cenderung berisikan kekerasan. Unit disini memiliki arti sebuah objek dalam game yang bias dikendalikan baik oleh pemain atau komputer. Beberapa dari unit ini dibekali senjata, dan beberapa lain memiliki suatu tugas yang seperti membangun bangunan atau mata-mata. Hal ini memerlukan kecerdasan buatan yang dalam bahasa Inggris disebut “Artificial Intelligence” atau disingkan AI, yaitu intelligence adalah kata sifat yang berarti cerdas, sedangkan artificial artinya buatan. Kecerdasan buatan yang dimaksud disini merujuk pada mesin yang mampu berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil dan mampi mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia.
Olahraga
Permainan olahraga (Sports games), yaitu ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual, seperti pertandingan sepak bola, basket, dan sebagainya.


Turn Based Strategi Game
Game turn-based strategy (TBS) adalah permainan strategi (biasanya beberapa jenis wargame, terutama wargame tingkat strategis) di mana pemain bergiliran saat bermain. Ini dibedakan dari strategi real time, dimana semua pemain bermain secara bersamaan.


Referensi
https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2013/2013_32.pdf
http://nabilahaidahnandaganari.blogspot.co.id
elib.unikom.ac.id/download.php?id=203042

0 komentar :

Posting Komentar