Kamis, 26 Oktober 2017

Representasi Pengetahuan

1. REKAYASA ONTOLOGI

Rekayasa ontologi merupakan suatu teori tentang makna dari suatu objek, property dari suatu objek, serta relasi objek tersebut yang mungkin terjadi pada suatu domain pengetahuan. Pada tinjauan filsafat, ontology adalah studi tentang sesuatu yang ada. Selain itu ontology adalah sebuah konsep yang secara sistematik menjelaskan tentang segala sesuatu yang ada atau nyata. 
Secara umum, ontology digunakan pada Artificial Intelligence (AI) dan persentasi pengetahuan. Segala bidang ilmu yang ada di dunia, dapat menggunakan metode ontology untuk dapat berhubungan dan saling berkomunikasi dalam hal pertukaran informasi antara sistem-sistem yang berbeda.
Untuk dapat digunakan, sebuah ontology harus diekspresikan dalam notasi yang nyata. Sebuah bahasa ontology adalah sebuah bahasa formal dari sebuah pembuatan ontology. Beberapa komponen yang menjadi struktur ontology, antara lain :
1) XML Menyediakan sintaksis untuk output dokumen terstruktur, tetapi belum dipaksakan untuk dokumen XML menggunakan semantic constrains.
2) XML Schema Bahasa untuk pembatasan struktur dari dokumen XML.
3) RDF Model data untuk objek (’resources’) dan relasi diantaranya, menyediakan semantic yang sederhana untuk model data tersebut, dan data model ini dapat disajikan dalam sintaks XML.
4) RDF Schema Adalah kosa kata untuk menjelaskan properties dan classes dari sumber RDF, dengan sebuah semantics untuk hirarki penyamarataan dari properties dan classes.
5) OWL Manambahkan beberapa kosa kata untuk menjelaskan properties dan Classes, antara lain : relasi antara classes (misalkan disjointness), kardinalitas (misalkan ’tepat satu’), equality, berbagai tipe dari properties, karakteristik dari properties (misalkan symmetry), menyebutkan satu persatu classes.

Berbagai bahasa yang menyusun ontology, seperti yang telah dijelaskan di atas memiliki kedudukan tertentu dalam struktur ontology. Setiap layer akan memiliki fungsi tambahan dan kompleksitas tambahan dari layer sebelumnya. Pengguna atau User yang memiliki fungsi pemrosesan layer paling rendah dapat memahami walaupun tidak seluruh ontology yang terletak di layer atasnya.


Dalam setiap layer tersebut, masing-masing bagian memiliki fungsi masing-masing :
1)  XML memiliki fungsi menyimpan isi halaman web
2) RDF adalah layer untuk merepresentasikan semantik dari isi halaman tersebut
3) Ontology layer untuk menjelaskan vocabulary dari domain

4) Logic Layer memungkinkan untuk mengambil data yang diinginkan

Dapat diambil kesimpulan, ontology adalah sebuah uraian formal yang menjelaskan tentang sebuah konsep dalam sebuah domain tertentu (class, terkadang disebut konsep), properti-properti dari masing-masing konsep menjelaskan bermacam-macam corak dan atribut dari sebuah konsep (slots, terkadang disebut roles atau properti-properti), dan batasan-batasan (facets,terkadang disebut rolerestrictions). Sebuah ontology bersama dengan beberapa set instances dari class membentuk sebuah presentasi pengetahuan. Secara umum, ontology digunakan pada kecerdasan buatan dan persentasi pengetahuan. Segala bidang ilmu yang ada di dunia, dapat menggunakan metode ontology untuk dapat berhubungan dan saling berkomunikasi dalam hal pertukaran informasi antara sistem-sistem yang berbeda.

Cara-cara lama:
· List, digunakan pada LISP
· Predicate Calculus, digunakan pada Prolog
· Tree, untuk heuristic search

Karakteristik RP (Representasi Pengetahuan) :
· Dapat diprogramkan
· Dapat dimanfaatkan untuk penalaran, menggambarkan kesimpulan sebagai fungsi kecerdasan

Hal yang berhubungan dengan RP:
· Object pengetahuan itu sendiri
· Event: kejadian-kejadian dalam dunia nyata dan hubungannya
· Performa: bagaimana melakukan suatu tugas tertentu
· Meta knowledge: pengetahuan tentang pengetahuan yang direpresentasikan

Secara singkat, represntasi pengetahuan diklasifikasikan menjadi 4 kategori.
1) Representasi logika
2) Representasi procedural
3) Representasi network
4) Representasi terstruktur 



2. PENGKATEGORIAN DAN OBJEK

Komposisi fisik
Komposisi adalah tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam suatu karya seni rupa.jadi komposisi fisik adalah susunan kesatuan dari suatu bentuk fisik atau yang dapat dilihat.
Pengukuran 
Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan ukur. Pengukuran juga dapat diartikan sebagai pemberian angka tehadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang, hal, atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas dan disepakati. Pengukuran dapat dilakukan pada apapun yang dibayangkan, namun dengan tingkat kompleksitas yang berbeda. Misalnya untuk mengukur tinggi, maka seseorang dapat mengukur dengan mudah karena objek yang diukur merupakan objek kasat mata dengan satuan yang sudah disepakati secara internasional. Namun hal ini akan berbeda jika objek yang diukur lebih abstrak seperti kecerdasan, kematangan, kejujuran, kepribadian, dan lain sebagainya sehingga untuk melakukan pengukuran diperlukan keterampilan dan keahlian tertentu.
Substansi
Watak sebenarnya,inti dari sesuatu.
Objek

Sesuatu yang sedang dibicarakan/dijadikan pokok acuan/target.

3. AKSI, SITUASI DAN KEJADIAN/EVENT

Aksi
Adalah tindakan yang dilakukan berdasarkan suatu kejadian.
Situasi
Keadaan sekitar yang sedang berlangsung.
Kejadian/Event
Sesuatu yang sedang terjadi di sebuah lingkungan dimana terjadi pada waktu yang sedang
berlangsung maupun yang telah terjadi.

4. MENTAL OBJEK:

A. PENGETAHUAN DAN KEPERCAYAAN 
adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh manusia, atau pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan indrawi dari suatu sikap yang ditunjukkan manusia saat dia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. 

B. PENGETAHUAN WAKTU DAN AKSI
Merupakan ilmu pengetahuan dari tindakan yang dilakukan berdasarkan suatu kejadian berdasarkan waktu kejadian. 


5. SISTEM PENALARAN UNTUK PENGKATEGORIAN : JARINGAN SEMANTIK, LOGIKA DESKRIPSI

Jaringan semantik
Jaringan semantik adalah gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek, terdiri dari lingkaran-lingkaran yang dihubungkan dengan anak panah yang menunjukkan objek dan informasi tentang objek-objek tersebut. Dalam mata kuliah Pengantar Kecerdasan Buatan script merupakan representasi pengetahuan berdasarkan karakteristik yang sudah dikenal sebagai pengalaman-pengalaman yang menggambarkan urutan peristiwa.

Terdapat enam elemen script, yaitu :
1. Kondisi input, merupakan kondisi yang harus dipenuhi sebelum terjadi.
2. Track, yaitu variasi kemungkinan yang terjadi.
3. Prop, yaitu objek yang digunakan dalam suatu peristiwa.
4. Role, yaitu peran dalam suatu peristiwa.
5. Scene, yaitu adegan dalam suatu peristiwa.
6. Hasil, yaitu kondisi setelah terjadinya urutan peristiwa.

Deskripsi logika
deskripsi logika (deskripsi jamak logika) (logika) Salah satu keluarga bahasa representasi pengetahuan yang dapat digunakan untuk mewakili definisi konsep domain aplikasi (dikenal sebagai pengetahuan terminologi) dalam cara yang terstruktur dan formal dipahami dengan baik.

6. PENALARAN DENGAN INFORMASI DEFAULT

adalah proses yang berhubungan dengan pengetahuan, fakta, dan strategi pemecahan masalah (problem solving) oleh manusia untuk mendapatkan informasi baru dari informasi yang sudah diketahui (pengetahuan) yang ada relasinya untuk mendapatkan konklusi/penyelesaian.

Sumber
http://cs.unsyiah.ac.id/~irvanizam/ai/INF303-01.pdf
https://bellavira.blogspot.co.id/2017/10/representasi-pengetahuan.html
http://syifaalyan.blogspot.co.id
http://studyinformatics.blogspot.co.id/2012/07/semantic-web-rdf-ontology.html

0 komentar :

Posting Komentar