Pasti udah pada taukan dengan nama Bukalapak.com ?
nah Bukalapak.com adalah e-commerce
online marketplace yang bertujuan memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM)
Indonesia dengan menjual produk-produk UKM secara online. Sejak didirikan pada
tahun 2010, kini Bukalapak telah menjadi e-commerce besar yang paling
berkembang di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan penjualan 20 persen perbulan.
Tau ga sih siapa orang dibalik
kesuksesan Bukalapak.com saat ini? ialah Achmad Zaky, CEO sekaligus
Pendiri Bukalapak.com.
Achmad Zaky lahir tahun 1986 di Sragen, Jawa
Tengah. Ia merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik
Informatika, angkatan 2008. Sebenarnya sebelum memulai ini semua, setelah lulus
kuliah Zaky berkeinginan bekerja di BCG atau Mckinsey. Tetapi ia ditolak dan
gagal mendapatkan pekerjaan di kedua tempat itu.
Sebenarnya sebelum masuk ITB, tujuannya kuliah hanya
berkeinginan memperoleh pekerjaan bagus dengan gaji besar. Namun seiring
berjalannya waktu setelah kuliah ia mengalami perubahan cara berfikir. Dimana
di ITB itu sangat entreprenerial, karena lulusannya yang menjadi pengusaha bisa
menjadi role model, seperti Aburizal Bakrie dan Arifin Panigoro yang sukses
menjadi pengusaha sukses di tanah air. Oleh karena itu setelah lulus di ITB
pilihannya hanya ada dua, yaitu kerja di perusahaan besar seperti Mckinsey dan
BCG atau membangun perusahaan sendiri.
Akhirnya sejak kuliah ia sudah berkecimpung di dunia
StartUp dengan mendirikan Suitmedia, yakni perusahaan jasa konsultan website
perusahaan, dan hingga kini usaha ini masih tetap dijalani. Pada 2010, melihat
perkembangan Suitmedia tumbuh sangat pesat. Setahun kemudian ia mendirikan
Bukalapak.
Berawal dari garasi, Achmad Zaky bersama
Nugroho (juga pendiri Bukalapak) yang memiliki pengalaman membuat dan
me-marketingkan website di Suitmedia, sadar bahwa para seller dan buyer
menginginkan sebuah situs online marketplace yang bisa mempertemukan antara
penjual dan pembeli secara aman (tanpa penipuan). Mereka pun akhirnya membuat
sebuah situs online marketplace bernamakan Bukalapak.com.
Bukalapak berkeinginan membangun kepercayaan melalui
transaksi proses transaksi online yang terpercaya, serta membangun komunitas
pasar daring terkuat di Indonesia.
Dan juga CEO sekaligus pendiri Bukalapak,
Achmad Zaky sangatlah cermat dalam mengambil peluang pasar. Dikarnakan dengan iklan
iklan yang unik, membuat para konnsumen penasaran dan ingin melihat iklan
tersebut. Dalam segi marketing Bukalapak.com sangatlah bagus.
sumber: http://www.ehpedia.com/2015/12/biografi-pendiri-bukalapak-profil-Achmad.Zaky.html
0 komentar :
Posting Komentar